Posted by: muliaok | July 3, 2008

Marhaban ya rajab wa sya’ban…..

Hmm….tak terasa Ramdhan sudah benar-benar akan menghampiri kita.
Allahumma bariklana fii rajab wa sya’ban wa balighna Ramadhan. Ya Allah, berkahilan kami di bulan rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan.

Bagaimana persiapan saudaraku semua ? tentunya sudah semakin matang ya..amiin

Rajab dan Sya’ban adalah ladang persiapan kita untuk berbenah, menyiapkan mental dan spiritual kita dalam menyambut bulan penuh berkah itu, bulan penuh Rahmah, bulan penuh kemuliaan.

Sungguh Rasulullah paling banyak berpuasa pada bulan Rajab dan Sya’ban.

pernah seorang ustadz menjelaskan kemuliaan bulan ramadhan begini:

” pada bulan itu Allah menurunkan rahmatnya tanpa batas, bagaikan hujan. dan semua orang mukmin berhak mendapatkannya, namun kemampuan daya tampung atas hujan rahmat itu sangat tergantung besar wadahnya. Dan salah satu modal untuk memperbesar wadah seorang mukmin adalah amalan-amalannya sebelum Ramadhan,
dan bulan Rajab dan Sya’ban adalah bulan dimana Rasulullah berharap keberkahan untuk menuju Ramadhan”

Pada bulan Rajab dan Syaban, begitu banyak ujian yang datang. Semua untuk membersihkan diri kita. Untuk meningkatkan kualitas diri dan hati. Untuk menentukan di kelas berapa kita saat Ramadhan. Di tingkatan mana ketaatan kita berada. Dan seberapa banyak hidayah yang dapat kita terima.

Di bulan Rajab dan Syaban, ujian yang datang ke tiap orang berbeda beda. Tergantung dimana kelemahan kita saat itu. Tergantung dimana kekurangan ketaatan kita. Tergantung di sebelah mana ruh kita harus dibenahi. Tergantung dimana Allah akan meningkatkan ilmu dan iman kita. Dan Allah Maha Tahu. Maha Tahu iman bagian mana yang seharusnya kita tingkatkan pada tahun ini. Maha Tahu ilmu ketakwaan mana yang harus kita pelajari tahun ini. Maha Tahu baru sampai sebatas mana kita bisa menerima pelajaran yang diberikan.

Untuk lulus dan tidaknya, sangat tergantung dengan usaha kita. Bukan, bukan Allah nggak tahu kita akan lulus atau tidak. Tapi penentuan dari Allah tentang kelulusan kita sangat tergantung dari apa yang kita lakukan. Atau lebih tepatnya, tergantung apa yang Allah lihat telah kita usahakan. Bukan berarti Allah tidak melihat apa yang kita lakukan. Tapi kita sendirilah yang kadang melihat hanya sebagian dari yang kita lakukan. Banyak faktor X dari yang kita lakukan tidak terlihat, tidak terasa oleh hati kita sendiri. Karena hati kita terlalu buram untuk bercermin. Karena hati kita telah terlalu penuh dengan noda. Dan Allah yang Maha Tahu. Dan Allah yang Maha Adil.

Saudaraku….

Ayoo… tidak ada lagi waktu untuk bertopang dagu,

apalagi termangu dalam sendu,

raih berkah bulan rajab dan sya’ban. semoga Allah menyampaikan umur dan memperkenan kan kita untuk menikmati jamuan-Nya pada Ramadhan tahun ini.

wallahu’alam….


Responses

  1. bisa tolong sebutkan amalan amalan di bulan sya’ban maupun rajab kayak puasa ,zikir ,solat sunnah dll ???jazakalloh…

  2. kak leh aku fwd kan????? leh aku taruh blog kan???

  3. boleh banget…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: