Posted by: retnoarum | March 5, 2008

Pesona Kecantikan Batin wanita muslimah(Inner Beauty)

Malu karena Allah adalah perona pipinya…..Penghias rambutnya adalah jilbab yang terulur sampai dadanya…..Zikir yang senantiasa membasahi bibir adalah lipstiknya……Kacamatanya adalah penglihatan yang terhindar dari maksiat……Air wudhu adalah bedaknya untuk cahaya di akherat….Kaki indahnya selalu menghadiri majelis ilmu……Tanganya selalu berbuat baik pada sesama….Pendengaran yang ma’ruf adalah anting muslimah…..Gelangnya adalah tawadhu…..Kalungnya adalah kesucian

Membaca sebait puisi yang tertulis di dalam buku Kotak kecantikan Ajaib yang ditulis oleh Ninih Muthmainnah atau yang biasa disebut teh ninih membuat saya berfikir bahwa mungkinkah bisa menjadi seperti apa yang beliau uraikan tersebut. Buku yang menjelaskan tentang lika-liku seorang muslimah, bagaimana pentingnya mengutamakan kecantikan batin dari pada hanya memperhatikan kecantikan fisik semata. Yahh..wanita dengan segala keindahanya..karena memang seperti itulah Allah menciptakan makhluk yang bernama wanita. Namun terkadang…kecantikan itu yang bisa membuat wanita menjadi penghuni neraka terbanyak dibandingkan laki-laki.Siapa sih yang tidak ingin disebut cantik? Semua wanita pasti menginginkannya. Berbagai macam cara dilakukan agar bisa terlihat cantik. Bahkan yang sebenernya tidak terlalu cantik, bisa mendadak jadi cantik kalau dia makeover tubuhnya disalon dan berdandan dengan pakaian yang modis. Halah…kayaknya butuh ekstra banyak doku deh kalau mau terus ngikutin hawa nafsu biar tetep di bilang cantik.

“eh…aku dah cantik blum”“

kira-kira…pantes gak ya aku dandan kaya gini”

“pakaian sama dandanan apaan sih yang lagi ngetrend saat ini, mau dunk di makeover kaya majalah itu”

“kira-kira si dia suka gak ya, tampilan cewek modis”

Bla…bla…bla….banyak deh rumpian yang sering kita denger kalo segenk wanita sudah ngomongin masalah penampilan atau kecantikan fisik. Memang cantik fisik itu penting juga, dan tidak bisa dianggap remeh. Tapi, apakah hanya sekedar cantik parasnya, mata yang indah, suara merdu? Tentu saja tidak. Kecantikan luar itu tidak akan bermakna tanpa ada kecantikan yang datang dari dalam. Waduuhh…apa lagi nih? Kecantikan batin atau bahasa kerenya Inner Beauty.

Terkadang kita pernah melihat atau berbicara dengan seseorang yang sebenarnya dari penampilan fisiknya biasa-biasa saja, tapi ada aura yang terpancar dari dirinya yang membuat kita merasa tertarik padanya. Nah! Pesona inilah yang disebut dengan Inner Beauty. Menurut buku yang saya baca ini, Inner Beauty adalah suatu kekuatan yang tidak terlihat memancarkan keindahan, karisma seseorang. Tetapi pengaruhnya dapat dirasakan oleh orang lain yang berada disekitarnya dan juga memiliki ketaqwaan kepada Allah. Wanita yang senantiasa memelihara ketaqwaan akan dapat mengalahkan kecantikan yang hanya dimiliki lahiriah saja.

Ciri wanita bertaqwa adalah mencintai Allah dan Rasulnya. menutup auratnya, melakukan ibadah-ibadah sunnah, berdzikir kepada Allah, bergaul dengan orang-orang shaleh, merasa diawasi oleh Allah, mengendalikan hawa nafsu.

sudah jelas mengenai inner beauty? Sekarang bagaimana caranya supaya memiliki inner beauty tersebut.Seorang muslimah, dapat memancarkan aura keanggunan fisiknya dari kepribadianya sehingga dapat tampil mempesona. Agar aura kecantikan bisa terpancar, maka diperlukan adanya keseimbangan antara kecantikan fisik dan juga kecantikan batinnya.Bagaimana bisa menampilkan inner beauty? Kunci utamanya adalah harus tampil percaya diri atau PeDe, berfikiran positif, dan tidak menyesali keadaan. Mampu mengendalikan stress.dan tetap semangat dalam menghadapi segala cobaan. Manajemen hati juga penting lho! Supaya bisa terhindar dari rasa benci, dengki, iri, mencoba untuk menghargai orang lain, gaya hidup yang sehat serta pola makan yang tepat. wah berat juga yaa…tapi mulai dicoba tidak ada salahnya kan?

Lantas, bagaimana caranya mengasah inner beauty tersebut?

Pertama, berfikiran positif. Berfikir positif pada diri sendiri dan juga pada orang lain. Muslimah yang berfikiran positif diyakini dapat membuat wajah lebih bersinar karena yang ada di dalam hati dan pikiran terpancar melalui wajah dan mata. Jangan menyesali kekurangan diri, lebih baik berfikir bahwa manusia memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

Kedua, rasa Syukur. Rasa syukur juga membuat kita terhindar dari penyakit hati. Bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan karena pada dasarnya Allah sudah menciptakan fisik kita sedemikian sempurnanya. Rasa syukur akan membuat batin terasa lebih tentram. Biasakan juga untuk mengulurkan bantuan dengan ikhlas bagi orang yang membutuhkan.

Ketiga, mengasah kemampuan intelektual. Dengan wawasan serta pengetahuan yang luas akan membuat wanita muslimah memiliki nilai tambah tersendiri.

Keempat, hal yang tidak kalah pentingnya adalah SENYUM (^_^). Karena senyum yang tulus dapat meluluhkan ketegangan jiwa dan membuat wajah lebih bersinar. Hiks! Senyumnya asal jangan disalah artikan saja yaa…..

Ciri-ciri wanita muslimah yang memiliki kecantikan inner beauty itu, mereka yang mampu bertoleransi dan berinteraksi dengan sesama, mempunyai rasa sayang terhadap siapapun, dan rendah hati serta kuat iman. Heemmm…kira-kira…sudah ada blum yaa di diri ini ciri-ciri tersebut? Yah kalau kepingin punya ciri-ciri tersebut. Tidak ada salahnya kan mencoba mengikuti saran teh ninih?


Responses

  1. Semoga calon istri dan istri saya seperti itu…
    Aminn..
    Hi..hi…

    • amin……
      ya Allah berikanlah istri kepada kami istri yang shalehah
      ditunggu komennya lagi ya….

  2. mudah2an saya bisa jadi seperti itu..

  3. amiin…
    semoga keinginan om yans n tante pipit terkabul…

  4. mudah-mudahkan alloh memudahkan dan memberi ilmu kepada ukhti2 di amikom agar memiliki inner beauty kayak di atas.!!

  5. semoga ukhti-ukhti dimanapun berada…baik yang diamikom atauw di penjuru manapun diberikan kecantikan sejati.

  6. Husss!!!!
    Akh,… Ant jangan ngomong sembarangan,…
    Saya kan bukan Mas Yans.
    Itu pipit sapa ya??

  7. ndak sembarangan kok… tapi bener khan..?😀

  8. jANGAN BICARA SEMBARANGAN DUNK DI BLOG LAGI??

  9. sembarangan itu yang seperti apa ya?? kayaknya ga da yg bicara sembarangan….

  10. tolong diluruskan……mungkin maksud dari mas aku, mas heri sama mba retno arum berbeda.

    —mas aku…SEMBARANGAN DUNK maksudnya apa dan kesiapa?

    —mas heri juga

    — mbak retno arum juga

    mangga ah urang fastabiqulkhoirot…..!!!!

  11. akhi..kok comentnya jelimet ya? saya nda ngerti deh mksdunya antum…

  12. Yang sembarangan ya yang sembarangan. He… he…
    Dah ah , ga penting amat,… ya ga mb retno????
    Kalo sya sembarangan///…..
    Ya Afwan,,,

  13. “Dah ah , ga penting amat,… ya ga mb retno????”

    jwbq : heee…bisa jadi emang ga penting untuk dibhs…pling enak bhs artikelnya ajah yaa….

    afwan diterima…🙂

  14. hehe… aneh ya…😀
    ga ada yang nyambung… akanya perlu disambung..🙂

  15. wah ini kok jadi tambah ndak nyambung…oke kita liat dari tulisan2 sebelumnya.

    coment pertama
    “amiin…semoga keinginan om yans n tante pipit terkabul…”
    jelas2 nama yg tertulis bukan mas yans..tapi mas heri bilang itu mas yans…si bukan mas yans bilang mas heri jgn bicara sembarangan tapi bisa jadi itu memang comentnya mas yans🙂

    mas aku :jANGAN BICARA SEMBARANGAN DUNK DI BLOG LAGI??
    kayaknya comentnya ituh ditujukan utk bukan mas yans dan mas heri…

    coment saya “:sembarangan itu yang seperti apa ya?? kayaknya ga da yg bicara sembarangan….”
    ini saya tujukan untuk mas aku

    jadi biangnnya yg bikin nda nyambung itu siapa ya? afwan yah kayaknya nih mas heri sama bukan mas yans yg bikin ndak nyambung hehee….

    nih coment saya nyambung juga ndak yah? dah ahh liieerr eeeuuuyy…..

    mending bikin pertanyaan seputar artikel ini…yg selalu menjadi fikiran saya, adakah akhwat yg memiliki kriteria seperti diatas tadi? hmm..kalo ada pingin kenalan jadinya sama akhwat ini….pengen belajar sama beliau…

  16. jadikan Alquran sebagai pegangan hidup dan dibaca setiap hari , agar kita bisa menjadi manusia sebagaimana Allah menghendaki .
    ” sesungguhnya telah turun kepadamu sebuah kitab yang didalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaanmu, mengapa engkau tidak memahaminya ?

  17. sami mba abdi ge lieur….teu paruguh kieu!!!!

  18. Iyah,.. rupa-rupanya ada konflik ya,…
    He… He…
    Begeni ya,.. Sya Mas Yans.
    Jelas To???
    Gimana Akh heri?
    Ukh Retno?
    MuliooooK??
    Mungkin Akhwat seperti yang di atas sekarang sulit di temui,..
    Tapi Bisa Kok,..

  19. saya ngerti kok sejak semula…
    admin gitu loh….😀
    masa’ gak tahu member2nya…

  20. “jadikan Alquran sebagai pegangan hidup dan dibaca setiap hari , agar kita bisa menjadi manusia sebagaimana Allah menghendaki”

    jwbq: sebuah pengingat yg bagus…tanpa AlQuran jalan hidup serasa tanpa arah…kebimbangan,tanpa ketentraman, surat cinta nan indah dari sang khalik..bukti Dia sangat mencintai hamba-hambanya.

    “Begeni ya,.. Sya Mas Yans.
    Jelas To???”

    jwbq: wah saya udah bisa nebak dari awal juga kok…wong di Friendster aja namanya mas yans, kuliah di amikom jogja…ndlalae disini kok ngaku2 nya bukan mas yans…🙂

  21. Ya.. Gitu dech,..
    Kalo ngaku Saya Mas Yans Kan kurang seru,..
    Sekarang Saya Bukan Mas Yans. Ok..??
    Afwan,…
    Syukron.

  22. smoga islam tetap jd no 1…

  23. ikut nimbrung ja, cuma mampir lewat. malam2 kesepian hujan gerimis, SURFING waaaaaaa akhirnya nulis ini pesan, mas heri mo silaturahmi ke rmh gak jadi2… kpn2 ja boleh kan.

    ==salahudin==

  24. ini yg salah jam sapa sih… kok bedanya jauh banget.

    for ALL, be a good moslem and dont wory your way life. keep smile

  25. wah, om shalahuddin…
    dah lama ndak ketemuan nih…😀

  26. Njlimet-njlimet amat yang pada komentar. Jan beraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat.

  27. haloo…kok komentarnya banyak yang gak nyambung ya… Pengen bisa kayak ciri2 ukhti di atas. Bantuin donk…

  28. maaf ya mba yoeltie…iya nih pinginya sih fokus bahas artikel…cuma berhub. disini malah jadi ajang reunian sepertinya (bagaimana admin ? 🙂 )

    sama2 belajar mba yoeltie….

    diatas sudah dijelaskan cara untuk memiliki inner beauty. ada 5 poin yg bisa mba yoeltie ikuti caranya.

    tahap awal sebelum mencapai 5 poin tersebut kita harus sadar dulu hakekat sbagai wanita muslimah…sudah bnyak artikelnya kok mba disini bagaiamana menjadi wanita sesuai dg kodrat wanita muslimah, bisa di buka pada bagian kategori muslimah.

  29. demi allah …

    dimanakah saya bisa mendapatkan gambaran wanita muslim seperti itu dan apakah masih ada kesempatan saya mendapatkannya padahal saya kotor berlumur dosa, saya duda dengan 3 anak. cerai karena harta dan dunia ….tujuan saya sekarang bukan jembatan lagi tetapi akhirat sudikah ..kiranya datang yang terbaik buat saya

  30. kata orang tu… jodoh bagian dari rizky, kalo gak dijemput ya susah datangnya…😀

    aib masa lalu biarlah Allah yang menutupnya… tidak ada gunanya disesali, yang penting bagaimana melalui hari depan yang lebih baik lagi…😀

  31. Sip……setuju banget mas heri. dukung!!!!
    Yang penting kita benahi diri kita dulu baru kita akan dapat pasangan yang sesuai.

  32. curhat ya……………
    mh, im just start wear jilbab, tdk pny tmn jilbab, jg tdk pernah bergaul dengan muslim pria & wanita yg benar2 saleh krn selama ini pergaulan sy dengan yg biasa, bukan dgn yg saleh2. sy bingung, seperti apa ya pergaulan orang soleh, mh…hope get husband yg soleh w/whole familynya soleh, amin

  33. ya pandai2 aja jaga diri… kalau punya kemampuan, bisa tuh “hijrah” ke tempat yang lebih baik…

    pergaulannya sih biasa, tapi lebih terjaga dari hal2 yang tidak baik sperti ngegosip, ngrokok, bicara jorok, hura-hura, den sejenisnya…🙂

  34. mank bicara jorok ga boleh ya?
    asal jangan dipraktekan aja…
    hehe^-^

  35. kuncinya pada keikhlasan, ikhlas senyum, ikhlas berbicara, ikhlas mendengar, menghilangkan pujian , menjadikan perempuan cantik lahir batin (inner beauty), jadi islam itu sudah modern

  36. Kita tuh seharusnya berusaha untuk menjadi seorang muslimah yang baik, bukannya kalian ngerumpiin yang lain stewar!!!!!!!

  37. inner beauty datang dari aqidah yang kokoh….ibarat sebuah pohon, akarnya menghujam sampai ke perut bumi akan menghasilkan batang yang kokoh dan berbuah banyak!!!
    akhlak s2orang pun lahir dari aqidah yang terhujam kuat di da2nya dan setiap langkhnya mngkuti tuntunan Alloh & RosulNya……..mdh2n qt t’masuk glngan t’sbut!!!

  38. Subhanallah…mudah-mudahan saya bisa mendapatkan seorang pendamping yang memiliki kecantikan lahir batin amin……

    mohon do’anya

    wassalam

  39. wahai kalian 2 kaum hawa ikutilah kiat2 diatas smoga jadi wanita yang memancarkan kecntikan dari dalm thans

    • jakumullah atas komennya….
      mudah2an mereka bisa sadar dan memanfaatkannya amin,,,,,

  40. Artikelnya bagus ya
    bisa jadi bahan pembelajaran buat para ukhti di bumi Allah ya itung2 sebagai salah satu aset Islam yang paling berharga yang juga harus dijaga n dilindungi.🙂

    • alhmd…..jazakumullah atas commendnya,,,,,
      semoga bisa dimaksimalkan oleh kita semua….amin…
      dan juga kritikannya atas artikel2 yang keliru….
      ditunggu lagi commendnya ya ukht….

  41. alhmd…..jazakumullah atas commendnya,,,,,
    semoga bisa dimaksimalkan oleh kita semua….amin…
    dan juga kritikannya atas artikel2 yang keliru….
    ditunggu lagi komennya ya ukht….

  42. blognya dipindah ke http://ukimedia.wordpress.com ya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: